Peningkatan Hasil Belajar Teks Pidato Persuasif Melalui Model Discovery Learning Teknik Role Play pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang

  • Samsul Arifin SMP Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang
Keywords: hasil belajar teks pidato persuasif, role play, PTK

Abstract

Kemampuan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia memiliki arti yang sangat penting dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Dengan penguasaan kemampun berbicara siswa diharapkan dapat mengemukakan gagasannya secara langsung di depan publik baik dalam suatu forum diskusi ataupun dalam acara yang menuntut siswa berbicara secara sistematis tentang sesuatu hal dalam bentuk pidato. Keterampilan pengungkapan gagasan ini harus dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta sitematis dalam menyusun kalimat demi kalimat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, adakah peningkatan hasil belajar teks pidato persuasif melalui teknik role play siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 DampitĀ  Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulititatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata.

Penggunaan metode role play terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teks pidato persuasif siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2019/2020.Dari data nilai kemampuan berbicara materi teks pidato persuasif pada siklus pertama untuk rata-rata nilai afektif (penilaian observasi, diri, dan teman) di peroleh nilai rata-rata 58.28 (C=cukup), nilai psikomotorik rata-rata 58.28 (di bawah KKM 75) dan nilai kognitif rata-rata 55.62 (di bawah KKM 75) dan pada siklus kedua nilai kemampuan berbicara materi teks pidato persuasive untuk rata-rata nilai afektif (penilaian observasi, diri dan teman) diperoleh nilai rata-rata 85.29 (SB = Sangat Baik), nilai psikomotorik rata-rata 89.20 ( dinyatakan tuntas di atas KKM 75) dan nilai kognitif diperoleh data nilai kemampuan berbicara teks pidato persuasif dengan nilai rata-rata 84.69 (dinyatakan tuntas semua siswa memperoleh nilai di atas KKM 75) dari hasil tersebut di atas terlihat adanya kenaikan yang signifikan nilai rata-rata pada setiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya kenaikan nilai rata-rata setiap siklus, sehingga semua siswa pada siklus 2 memperoleh nilai di atas KKM 75 atau 32 siswa dinyatakan tuntas belajar.

Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar teks pidato persuasif melalui model discovery learning teknik role play siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: hasil belajar teks pidato persuasif, role play, PTK

Published
2020-03-02