Peningkatan Kompetensi Pendidik dengan Kaji Tindak PKG dan PKB Melalui Workshop di SDN Lirboyo 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri

  • Dyan Febuana Sulistyarini SD Negeri Liboyo 1 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri
Keywords: workshop, kinerja guru berkelanjutan, pts

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Peningkatan Kompetensi Guru dicanangkan oleh pemerintah diatur dalam PP nomor 16 tahun 2009, di dalamnya terdapat peraturan bagi guru mampu melaksanakan Penilaian Kinerja Berkelanjutan (PKB) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG), perlunya peningkatan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran, dan diharapkan Workshop kaji tindak PKG dan PKB dapat menjadi suatu solusi untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga berimbas pada meningkatnya hasil prestasi belajar siswa. Lebih khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan keefektifan pengajaran guru dalam rangka meningkatkan hasil pembelajarannya khususnya kompetensi pendidik dengan kaji tindak PKG dan PKB melalui Workshop di SDN Lirboyo 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 guru dari SDN Lirboyo 1  Kec Mojoroto Kota Kediri. Data 10 guru terbagi dari  guru kelas dan guru mata pelajaran diketuai oleh Kepala Sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru terhadap kaji tindak PKG dan PKB melalui Workshop di SDN Lirboyo 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, sangat baik dan mampu berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru, hal ini terbukti dari hasil workshop PKG dan PKB dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 hasil penyusunan PKG dan PKB berada dalam katagori cukup  dengan skor rata rata 7.00. Sedangkan pada siklus II berada dalam katagori sangat baik dengan skor rata rata 8.80. Sehingga terjadi peningkatan kegiatan guru pada waktu pelaksanaan penyusunan PKG dan PKB.

Kata Kunci: workshop, kinerja guru berkelanjutan, pts.

Published
2020-03-02