Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Metode Problem Solving di SMP Negeri 5 Bajawa Tahun Pelajaran 2019-2020

  • Fono Rokhus SMP Negeri 5 Bajawa, Kabupaten Ngada NTT
Keywords: Hasil Belajar, Mata pelajaran IPS, Problem Solving

Abstract

Latar Belakang dari PTK ini adalah siswa sulit memahami materi IPS sehingga minat siswa untuk mempelajari materi IPS rendah dan berdampak pada penurunan prestasi belajar khusus pada mata pelajaran IPS. Ini disebabkan guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang sama yaitu ceramah. Diharapkan dengan menggunakan metode problem solving dalam proses pembelajaran IPS akan menarik minat siswa mengikuti kegiatan belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan métode pembelajaran problem solving. Penerapan moetode ini ternyata berdampak pada hasil belajar siswa dan minat belajar siswa. Bukti-bukti yang menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode problem solving yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan.

Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 73,40, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 9,0, menjadi 83,40. Selain nilai rata-rata, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan diantaranya aspek mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 24%, siklus II sebesar 36%. Aspek menanggapi respon siswa lain pada siklus I sebesar 28%, siklus II sebesar 32%. Aspek menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 16%, siklus II sebesar 88%. Aspek memperhatikan penjelasan guru pada siklus I sebesar 88%, siklus II sebesar 96%. Aspek diskusi kelompok pada siklus I 72%, siklus II sebesar 100%. Aspek diskusi kelas pada siklus I sebesar 84%, siklus II sebesar 100%.

Kata kunci: Hasil Belajar, Mata pelajaran IPS, Problem Solving

Published
2020-03-02